Penduduk Mentawai Diimbau Kosongkan Pulau

INILAH.COM, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai disarankan untuk mengosongkan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Mentawai.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan memudahkan evakuasi jika terjadi gempa tsunami di lain hari. Pasalnya, untuk menjangkau pulau-pulau kecil tersebut sangatlah sulit.

“Penduduk di pulau-pulau kecil lebih baik direlokasi ke pulau induk saja, jika terjadi apa-apa memudahkan untuk evakuasi dan antisipasi juga.” ujar anggota Komisi VIII DPR Jazuli Juwaini kepada INILAH.COM, Kamis (28/10/2010).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, early warning system yang dibangun oleh pemerintah sangat sulit menjangkau pulau-pulau kecil. Oleh karena itu, alanglah baiknya jika penduduk mengosongkan pulau-pulau tersbeut.

“Bukan berarti dibiarkan kosong, bisa tetap diolah untuk perkebunan atau kegiatan lainnya tapi tidak menjadi kawasan hunian. Pemerintah harus memberikan kompensasi yang layak agar warga bersedia mengosongkan pulau,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Mentawai terdiri dari 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh mayoritas masyarakat suku Mentawai.

Selain itu masih ada beberapa pulau kecil lainnya yang berpenghuni namun sebahagian besar pulau yang lain hanya ditanami dengan pohon kelapa. Untuk menjangkau pulau induk dari Padang harus menggunakan kapal laut, pesawat kecil atau helikopter. Namun untuk menjangkau pulau-pulau kecil hanya bisa dilakukan gunakan kapal kecil.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: