Bantuan untuk Korban Tsunami Terhambat

Kamis, 28 Oktober 2010 | 16:26 WIB

TEMPO Interaktif, Padang – Tak adanya alat transportasi ke Mentawai membuat bantuan logistik menumpuk di Posko Satkorlak Bencana Alam Pagai Utara-Selatan di Sikakap.

Menurut petugas Satkorlak, Masrizal, Satkorlak Bencana Alam Pagai Utara-Selatan hanya punya satu perahu mesin 40 PK. Perahu ini kini sedang membawa bantuan untuk beberapa dusun di Pulau Pagai Utara yang hingga kini belum terjangkau.

“Kami bingung sekali, ini bantuan mau dibawa pakai apa ke lokasi, logistik ada, sukarelawan juga sudah berdatangan,” katanya di Dermaga Siberut, Kamis (28/10). “Mereka tidak bisa melakukan apa-apa.”

Dia mengatakan, di Dermaga Sikakap sudah menyandar Kapal perintis Bahtera Jaya Satu yang membawa logistik dan KM Muci Navigasi membawa relawan.

Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan adalah daerah yang terparah terkena tsunami. Sebanyak 15 dusun tersapu tsunami dan sebagian di antaranya hingga saat ini masih belum mendapat bantuan.

“Kami sangat kekurangan boat, hanya ada satu yang bolak balik membawa bantuan. Sejak kemarin boat di Pagai Utara dan sekarang menuju ke beberapa dusun ke Pagai Selatan, mungin pulangnya besok,” kata Kepala Posko Pagai Utara-Selatan Joskamtir, Kamis (28/10).

Ia mengatakan, sebagian dusun di pesisir barat Pulau Pagai belum diketahui informasinya. Padahal di daerah itu dikhawatirkan banyak korban jiwa.

“Saya belum tahu, nama dusunnya juga belum tahu, besok boat baru kembali, tadi boat hanya dibekali personel Satlak yang membawa makanan cepat saji, dan terpal untuk warga, kami butuh banyak perahu untuk segera mendistribusikan bantuan termasuk kantung mayat, karena mayat sudah mulai membusuk dan dikubur ala kadarnya,” katanya.

Korban tewas akibat gempa di kepulauan Mentawai 343 semetara korban hilang hilang 338 dan lebih dua ribu warga mengungsi 260 orang saat tini sedang dirawat di Puskesmas dan gereja di Sikakap.

“Banyak yang patah tulang dan luka, Puskesmasnya tidak muat dan kini korban dirawat di gereja, kita masih membutuhkan banyak tenaga medis dan obat-obatan,” kata Joskamtir.

Cuaca di langit Padang pada Kamis pagi cerah. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Sikakap, Kepulauan Mentawai, menggunakan helikopter. Selain Presiden, beberapa menteri dan Kapolri juga akan ikut. Rombongan presiden akan menggunakan tiga helikopter dari Bandara Internasional Minangkabau.

Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Surya Budi mengatakan rombongan presiden berangkat sekitar pukul 11.00. “Presiden langsung dan rombongan menteri langsung ke Sikakap melihat korban gempa dan tsunami di Mentawai, sore hari nanti kembali lagi ke Padang,” kata Surya Budi, Kamis(28/10).

Adapun rencana teleconference dengan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang berada di Mentawai hari ini batal.

Presiden berangkat ke Mentawai bersama sejumlah menteri diantaranya Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Sosial, Menteri PU, dan Menteri Kesehatan dan Kapolri. Malam tadi Presiden SBY bersama menteri menginap di Wisma Indarung, PT Semen Padang yang jauh dari pantai dan berada di tempat ketinggian.

FEBRIANTI


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: