Warga di Pulau Pagai Selatan Belum Tersentuh Bantuan

Kamis, 28 Oktober 2010 | 14:45 WIB

Salah satu area di pulau Pagai Utara, Mentawai, yang luluh lantak diterjang tsunami dilihat dari udara(27/10). AP/Sekretariat Wakil Presiden Indonesia

TEMPO Interaktif, Padang – Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan adalah daerah yang terparah terkena tsunami. Sebanyak 15 dusun tersapu tsunami da sebagian di antaranya hingga saat ini masih belum mendapat bantuan.
“Kami sangat kekurangan boat, hanya ada satu yang bolak balik membawa bantuan. Sejak kemarin boat di Pagai Utara dan sekarang menuju ke beberapa dusun ke Pagai Selatan, mungin pulangnya besok,” kata Kepala Posko Pagai Utara-Selatan Joskamtir, Kamis (28/10).

Ia mengatakan, sebagian dusun di pesisir barat Pulau Pagai belum diketahui informasinya. Padahal di daerah itu dikhawatirkan banyak korban jiwa.

‘Saya belum tahu, nama dusunnya juga belum tahu, besok boat baru kembali, tadi boat hanya dibekali personil Satlak yang membawa makanan cepat saji, dan terpal untuk warga, kami butuh banyak perahu untuk segera mendistribusikan bantuan termasuk kantung mayat, karena mayat sudah mulai membusuk dan dikubur ala kadarnya,” katanya.

Korban tewas akibat gempa di kepulauan Mentawai 343 semetara korban hilang hilang 338 dan lebih 2 ribu warga mengungsi 260 orang saat tini sedang dirawat di Puskesmas dan gereja di Sikakap.

“Banyak yang patah tulang dan luka, Puskesmasnya tidak muat dan kini korban dirawat di gereja, kita masih membutuhkan banyak tenaga medis dan obat-obatan,” kata Joskamtir.

 

FEBRIANTI.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: