Gempa dan Tsunami Mentawai Cuaca Buruk, Pertamina Belum Bisa Distribusikan BBM ke Pulau-pulau Kecil

Selasa, 02/11/2010 16:07 WIB
Gempa dan Tsunami Mentawai
Cuaca Buruk, Pertamina Belum Bisa Distribusikan BBM ke Pulau-pulau Kecil
Khairul Ikhwan – detikNews

 

Medan – Pertamina sampai saat ini belum bisa mendistribusikan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke pulau-pulau kecil di Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat. Pertamina beralasan proses distribusi terkendala cuaca buruk.

“Karena terhalang gelombang tinggi, distribusi belum dapat dilakukan ke pulau-pulau kecil itu,” kata Asisten Customer Relation, External Relation, PT Pertamina Pemasaran Region I, Rustam Aji, Selasa (2/11/2010).

Pendistribusian BBM ke Kepulauan Mentawai dilakukan Pertamina melalui Terminal Transit BBM Teluk Kabung di Padang. Pada 4 November mendatang, rencananya akan diberangkatkan kembali tongkang yang akan membawa 28 kl premium, 19 kl solar dan 15 kl minyak tanah.

“Kemudian akan diberangkatkan juga tongkang ke Tuapejat, ibukota Mentawai, yang akan membawa 38 kl premium dan 14 kl minyak tanah,” kata Rustam yang ditemui di kantor Pertamina Region I, Jl. Yos Sudarso, Medan.

Disebutkan Rustam, gelombang tinggi memang menjadi persoalan dalam upaya pendistribusian BBM ke kawasan Mentawai. Namun segala daya diupayakan untuk memastikan BBM tetap tersedia di Mentawai agar upaya-upaya penanggulangan bencana yang sedang berlangsung di Mentawai tidak sampai terganggu karena masalah BBM ini.

Yang pasti, sambung Rustam, Pertamina terus menyuplai BBM ke Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Ketahanan stok menjadi perhatian untuk memastikan kebutuhan BBM di daerah itu tetap tersedia.

Menurut Rustam, saat ini masih tersedia stok BBM yang cukup di Agen Premium Minyak Solar (APMS) Mentawai. Jumlah premium sebanyak 10 kiloliter (kl) dan solar 11 kl.

“Sedangkan di pangkalan yang ada sekitar APMS, total masih ada 7 kl minyak tanah,” kata Rustam Aji

Selain itu, kata Rustam, saat ini di Mentawai juga terdapat satu unit kapal tongkang yang membawa muatan 6 kl premium, 4 kl solar dan 10 kl minyak tanah. Muatan kapal itu untuk memenuhi kebutuhan BBM di pulau-pulau kecil di Mentawai.

(djo/djo)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: