Kekurangan BBM di Mantawai Siap Diatasi

Kekurangan BBM di Mantawai Siap Diatasi
Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Sabtu, 6 November 2010 | 21:12 WIB

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA

Warga membantu anggota TNI-AD mengangkut bantuan untuk korban tsunami helikopter MI 17, di Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Minggu (31/10) . Untuk mempercepat proses distribusi bantuan dan evakuasi korban luka salah satunya dilakukan melalui udara dengan heikopter antara lain ke di Kampung Tumalei, Desa Silabu Kecamatan Saumanganya yang masih minim bantuan.

PADANG, KOMPAS.com – Sekretaris Daerah Sumatera Barat Mahmuda Rivai mengakui ada kekurangan pasokan bahan bakar minyak di beberapa titik di Kabupaten Kepulauan Mentawai pasca bencana gempa dan tsunami. Kekurangan justru terjadi di daerah yang bukan termasuk lokasi bencana gempa dan tsunami. Kekurangan terjadi di kota Tuapejat.

“Nah, ibukota kabupaten kan ada di Tuapejat. Nah di situ katanya ada yang kurang. Tadi malam kita sudah rapat. Sejak hari ini sudah masuk,” ungkapnya di Bandara Internasional Minangkabau, Sabtu (6/11/2010).

Mahmuda mengatakan memang fokus pemerintah daerah dalam distribusi kebutuhan sehari-hari, termasuk BBM, memang banyak tersita ke empat kecamatan lokasi bencana.

Perhatian juga diarahkan ke Posko Pengungsian di Pulau Sikakap. Lagipula, lanjutnya, distribusi ke pulau-pulau di Kepulauan Mentawai memang harus mempertimbangkan cuaca dan ombak yang tinggi. Dua hari belakangan ini, menurut Mahmuda, cuaca tidak sedang bersahabat.

“Semuanya karena cuaca. Kalau di pantai di empat kecamatan itu kan ga ada dermaga, pantai malah ada yang karang. Enggak bisa mendarat kapal-kapal. Kalau kita harap kapal-kapal kecil, malah hanyut semua. Semua kekuatan intensiflah,” katanya. “Tapi sejak cuaca mulai bagus, ya sudah masuk. Hari ini mulai masuknya,” tambahnya lagi.

Mahmuda membantah kelangkaan BBM terjadi di Pulau Siberut. Menurutnya, distribusi ke bagian barat Pulau Siberut sudah ditembus melalui jalan darat yang sudah lancar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: