Rp 17,15 M untuk Rehabilitasi Mentawai

Kamis, 04/11/2010 09:44 WIB
Rp 17,15 M untuk Rehabilitasi Mentawai
Chaidir Anwar Tanjung – detikNews

Jakarta – Pemerintah Pusat melalui Menteri Kelautan dan Perikanan akan melaksanakan program rehabilitasi untuk Mentawai pada tahun 2011 mendatang. Dengan alokasi dana sebesar Rp 17,15 miliar, akan dilakukan rehabilitasi pasca tsunami di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Dana tersebut meliputi berbagai program rehabilitasi seperti untuk pembangunan rumah nelayan, perbaikan ekosistem, serta penyadaran masyarakat tentang bencana tsunami.

“Program rehabilitasi ini sudah direncanakan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan bersama pemerintah Provinsi Sumbar. Pembangunan akan dimulai pada tahun depan,” kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Surya Budi, saat dihubungi detikcom, Kamis (4/11/2010).

Surya merincikan penggunaan dana sebesar Rp 17,15 miliar ini. Pada tahap pertama, akan dilakukan pembangunan rumah nelayan, rehabilitasi ekosistem serta penyadaran masyarakat soal bencana tsunami dengan dana sebesar Rp 1,5 miliar. Di samping itu, ada program rehabilitasi lingkungan dengan alokasi dana sebesar Rp 1,5 miliar, kemudian untuk pembangunan akses inteksolarenergi dialokasikan dana Rp 500 juta, serta untuk program community basement (mata pencarian alternatif) bagi masyarakat pesisir dialokasikan dana sebesar Rp 5 miliar.

Selanjutnya, untuk pengembangan usaha mina yaitu pelaksanaan perikanan budidaya dan pengolahan rencananya dialokasikan dana sebesar Rp 3,4 miliar. Lalu program pembangunan donasi tata ruang dan pengembangan perikanan di Kecamatan Sikakap total dananya Rp 3 miliar. Ditambah bantuan kapal untuk nelayan melalui program bersama Pemerintah Provinsi sebesar Rp 3 miliar. Beberapa komponen tersebut akan mulai direalisasikan pada Januari hingga Desember 2011.

Sementara itu, terkait kondisi terbaru di Mentawai, Surya menyebutkan, terdata jumlah korban meninggal 428 orang, sedangkan 74 orang lainnya dinyatakan masih hilang. Korban yang mengalami luka berat sebanyak 73 orang, mereka telah mendapat penanganan medis di tempat-tempat pengungsian serta ada yang dirawat di gereja. Sedangkan 325 orang lainnya yang mengalami luka ringan juga sudah ditangani oleh tim medis bersama relawan lainnya. Jumlah pengungsi total mencapai 15.097 orang.

Surya mengakui bahwa sampai saat ini, cuaca di Mentawai masih ekstrem di mana gelombang masih tinggi dan terkadang hujan. Kondisi ini memang sedikit mengganggu jalannya bantuan, namun tidak begitu berarti.

Sejumlah bantuan yang datang dan berada di Padang sudah bisa tersalurkan ke Mentawai. Namun pendistribusian dari tempat penampungan bantuan ke pegunungan tempat para pengungsi sedikit terkendala karena medan yang cukup berat. Kendati demikian, relawan bersama anggota TNI dan Polri terus berusaha untuk bisa mendistribusikan bantuan ke pengungsian yang sebagian berada di pegunungan.

(nvc/vit)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: