Tiga Menteri Datang untuk Mentawai

Tsunami Mentawai
Tiga Menteri Datang untuk Mentawai
Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Sabtu, 6 November 2010 | 10:51 WIB
KOMPAS.com/Caroline Damanik
Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyerahkan bantuan kementerian, berupa dana bantuan sebesar Rp 175 juta dan 100 tenda berukuran besar, untuk korban gempa dan tsunami Mentawai. Bantuan diserahkan secara simbolik kepada Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim di Ruang VIP, Bandara Internasional Minangkabau, Sabtu (6/11/2010).

PADANG, KOMPAS.com – Tiga menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II secara bersamaan mengucurkan bantuan untuk para korban bencana gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sabtu (6/11/2010).

Penyerahan bantuan dari masing-masing kementerian, yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Riset dan Teknologi, secara simbolik diserahkan di Ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam kepada para korban dan menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 175 juta serta 100 tenda besar untuk digunakan sebagai tempat tinggal para pengungsi ataupun pasar darurat.

“Kami menyumbang tenda sementara 100 tenda. Karena biasanya yang selalu terjadi dalam bencana adalah rusaknya sarana perdagangan. Yang harus dipulihkan selain infrastruktur adalah sarana perdagangan karena setiap orang perlu membeli kebutuhannya,” ungkapnya sebelum memberikan bantuan secara simbolik.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro juga menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada para korban bencana.

Selain untuk menyerahkan bantuan, Purnomo mengaku juga akan melakukan inspeksi langsung ke lapangan mengenai perkembangan operasi militer dalam penanganan bencana yang dilakukan oleh anggota TNI.

“Saya senang dengar laporan pasukan sudah masuk sejak hari pertama dan kedua. Walau dari Pangdam, saya dengar juga Danrem pun susah masuk ke Pagai Selatan karena medan tempurnya sulit,” katanya.

Di sisi lain, Menristek Suharna Surapranata akan melakukan kunjungan langsung ke lokasi bencana untuk mengecek peralatan prediksi bencana tsunami agar ke depannya bisa lebih efektif bekerja.

Editor: Benny N Joewono 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: