Pascatsunami Mentawai Tifatul: Komunikasi ke Mentawai Lancar

Pascatsunami Mentawai
Tifatul: Komunikasi ke Mentawai Lancar
Senin, 8 November 2010 | 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan, komunikasi di Mentawai pascagempa dan tsunami 25 oktober lalu sudah pulih kembali.

Demikian siaran pers yang diterima Kompas dari Tifatul yang sedang berkunjung ke Mentawai, Senin (8/11/2010) bersama rombongan operator telekomunikasi dan industri televisi, termasuk juga Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

“Alhamdulillah, sistem komunikasi sudah berjalan baik. Kalau ada yang bertanya mengapa hanya Telkom dan Telkomsel yang bisa, ya memang sejak semula yang pasang BTS di Mentawai adalah mereka,” ujar Tifatul.

Namun, Menkominfo menyatakan, untuk wilayah blank spot seluler, Kementrian Kominfo sudah mengirim 37 telepon satelit sumbangan ITU dan menambah jaringan telepon USO sebanyak 47 titik diseluruh Kepulauan Mentawai.

Sebelum berangkat ke Mentawai, Kementrian Kominfo sempat mengadakan acara penggalangan dana dihadapan operator telekomunikasi dan televisi, sehingga terkumpul dana sekitar Rp 2 miliar. Helikopter yang membawa rombongan Menkominfo mendarat di Dusun Munai, Kecamatan Pagai Selatan. Mereka disambut penduduk dan sejumlah anak-anak yang ramai berkerumun. Seluruh bangunan yang ada rata dengan tanah. Kasur, bekas tempat tidur, dan alat-alat rumah tangga tampak berserakan.

Selanjutnya rombongan Menkominfo dan Gubernur masuk ke pedalaman desa Munai, sejauh lebih kurang 3 km. Di sana ada tenda pengungsi yang dibangun dengan seadanya.

Tifatul menyempatkan berdialog dengan korban tsunami. Seorang ibu menuturkan bahwa ia kehilangan 2 anak dan satu orang cucunya. Setelah mendapatkan keterangan dari Kepala Dusun Munai, rombongan melanjutkan perjalanan ke Sikakap, ibu kota kabupaten Kepulauan Mentawai. Tifatul dan rombongan kemudian mengunjungi beberapa pos pengungsi untuk menyampaikan bantuan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: