Jembatan Darurat di Aceh Dikirim ke Mentawai

Jembatan Darurat di Aceh Dikirim ke Mentawai
Dua jembatan balley eks Tsumani Aceh dipakai guna membuka akses jalur darat di Mentawai.
Kamis, 4 November 2010, 14:14 WIB

Arfi Bambani Amri

Jembatan putus di Pagai Utara, Mentawai (Antara/ Yudhi Mahatma)

VIVAnews – Dua unit jembatan balley (jembatan darurat) didatangkan dari Aceh untuk membuka akses jalur darat sepanjang 41 kilometer di Mentawai. Dua balley ini akan menghubungkan jalur darat di Pagai Selatan, dari Minas menuju Porourogat.

“Dalam dua hari ini jalur ini sudah dapat digunakan sehingga bisa mendistribusikan bantuan ke Porourogat,” ujar Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Sumbar Ade Edward dari Sikakap pada VIVAnews, Kamis, 4 November 2010.

Saat ini pengerjaan jalur darat ini dilakukan Zinpur TNI bekerjasama dengan masyarakat setempat. Sejumlah peralatan listrik pun telah didistribusikan ke sana untuk mempermudah akses di Pagai Selatan.

“Begitu jalur ini bisa dilalui, kita akan bangun pos bantu pertama selain posko induk di Sikakap,” kata Ade. Jalur ini, katanya, akan menghubungkan antarpelabuhan di lokasi bencana Pagai Selatan yang selama ini sulit terjangkau.

Tim assessment yang berangkat dengan Kapal Baruna Jaya akan melakukan penghitungan kerugian akibat terjangan gempa dan tsunami Mentawai, 25 Oktober 2010. Saat ini, kapal tersebut sedang bersiap sandar di Sikakap.

Ia optimistis, penanganan korban akan membaik saat jalur darat ini bisa diakses dalam waktu dekat. “Jalur darat ini selesai, penyaluran bantuan akan berjalan lancar lewat laut, darat, dan udara,” katanya.

Pasca gempa dan tsunami yang menghantam kepulauan tersebut, tercatat sebanyak 428 orang meninggal. Sekitar 75 warga masih dikabarkan hilang. Ratusan warga menderita luka berat dan ringan. Bencana ini juga mengakibatkan belasan ribu warga di 60 dusun di Pagai dan Sipora mengungsi.

Laporan Eri Naldi | Padang

• VIVAnews


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: