Pasokan Listrik di Wasior dan Mentawai Kembali Normal

TEMPO Interaktif, Jakarta – Manager Korporat Komunikasi PT PLN (persero) Bambang Dwiyanto menjelaskan, saat ini pasokan listrik di lokasi bencana seperti Mentawai dan Wasior kembali normal. “Mentawai tak ada masalah, Wasior juga sejak pekan lalu sudah pulih,” kata Bambang ketika dihubungi Tempo, Senin (8/11).

Bambang menjelaskan, untuk Wasior penanganan listrik berjalan dengan koordinasi antara PLN dan pemerintah daerah terkait. Sebab, listrik di kawasan tersebut memang disuplai oleh pembangkit listrik milik daerah setempat. Hingga akhir pekan lalu, Bambang memastikan 95 persen kebutuhan listrik di Wasior terpenuhi.

Bahkan, saat ini PLN tengah melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pekerjaan Umum terkait pasokan listrik untuk bangunan hunian sementara yang tengah dirancang oleh pemerintah untuk pengungsi korban bencana di Wasior, Papua.

Terkait Mentawai, Bambang menyatakan kerugian yang dialami oleh PLN tidaklah begitu besar. “Sekitar Rp 300 juta,” sebutnya. Kerusakan tersebut tidak begitu besar dikarenakan pasokan listrik di Mentawai selama ini tergantung dengan mesin pembangkit berupa diesel.

“Diesel yang terendam bisa langsung dipulihkan,jadi tidak begitu sulit,” ujarnya. Sementara itu, untuk posko pengungsian di Mentawai, PLN telah memasang genset sebanyak 24 buah untuk memasok listrik di lokasi tersebut.

Perihal trafo dan gardu yang rusak akibat abu vulkanik dari Gunung Merapi, sampai saat ini PLN belum bisa mengidentifikasikan total kerugiannya. “Yang pasti kita belum bisa cek, karena lokasi yang berbahaya. Kita upayakan pemulihan terlebih dulu untuk trafo yang lokasinya banyak penghuni,” tutur Bambang.

GUSTIDHA BUDIARTIE

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: