RI Tiru Jepang Cara Tangani Bencana

RI Tiru Jepang Cara Tangani Bencana
Daerah nanti diharapkan segesit pemerintah daerah di Jepang dalam hadapi bencana
Jum’at, 5 November 2010, 14:42 WIB

Arfi Bambani Amri, Mohammad Adam

Tsunami Mentawai (Antara/Yudi Mahatma )

VIVAnews – Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Johan menyatakan pemerintah pusat akan mengupayakan pemberdayaan pemerintah daerah dalam penanganan bencana seperti model Jepang.

“Kita tinggal di daerah bencana,” kata Johan. “Kita baru mengetahui itu setelah Aceh dihantam oleh tsunami beberapa waktu lalu. Kita siapkan program pemda siap bencana, maksudnya daerah-daerah yang rawan bencana akan kita bentuk kelembagaan yang mendukung bagi penanganan bencana,” kata Johan dalam diskusi di DPD, Jakarta, Jumat 5 November 2010.

Selain membentuk kelembagaan pendukung, tambah Johan, pemerintah juga menyiapkan alokasi anggarannya. Pemda juga harus tanggap dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan evakuasi apabila diperlukan saat bencana.

Johan tidak merinci daerah mana saja yang sudah disiapkan, namun saat ini sudah ada badan penanggulangan bencana daerah di 28 provinsi dan 106 di tingkatan kabupaten-kota di seluruh Indonesia. “Dengan demikian, ke depan kita bisa seperti Jepang. Pemdanya sudah tahu apa yang harus dilakukan kalau menghadapi bencana, apapun baik gempa, banjir, tsunami, dan sebagainya,” kata Johan.

Pokok masalah penanganan bencana yang lambat di beberapa daerah, diakui Johan, karena faktor Pemda itu memang kurang pengalaman. “Tak ada sumber daya memadai, tak punya anggaran, dan tak punya sistem dalam menanggulangi bencana. Sehingga kita lihat ketidaklancaran-ketidaklancaran penanganan bencana itu,” kata Johan.

Tapi, lanjut Johan, apabila pemerintah daerah telah terlatih dan ada dukungan kelembagaan yang baik, maka penanganan bencana di masa mendatang diyakini akan lebih baik. “Seperti model di Jepang itulah, kami ingin mengupayakan pemda yang seperti itu dalam penanganan bencana ke depan,” kata Johan. (hs)

• VIVAnews


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: