Konseling Trauma untuk Korban

KESEHATAN
Konseling Trauma untuk Korban
Rabu, 10 November 2010 | 04:47 WIB

Sikakap, Kompas – Kegiatan belajar di Kabupaten Kepulauan Mentawai, khususnya daerah yang diterjang tsunami dan gempa, belum pulih. Salah satu yang jadi penyebab adalah para siswa masih trauma.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai Syaiful Jannah di Sikakap, Pulau Pagai Utara, Senin (8/11), mengakui, kegiatan belajar-mengajar belum pulih betul. Pihaknya berencana merelokasi sekolah serta permukiman warga ke tempat yang lebih aman dari ancaman tsunami, yaitu di wilayah yang lebih tinggi.

Menyinggung soal masih adanya siswa yang trauma, ia mengatakan, tim konseling trauma dari Kementerian Pendidikan Nasional sudah berkeliling ke wilayah-wilayah yang terkena bencana selama lima hari. Selain murid, guru-guru juga menjadi sasaran kegiatan ini.

”Keberadaan tim ini sangat baik untuk anak-anak yang terkena trauma atau masih labil akibat bencana tsunami itu,” ujarnya kemudian.

Para siswa dari sejumlah pulau yang belajar di Sikakap mengaku sulit mendapatkan tempat tinggal. Para siswa juga kesulitan untuk membeli buku ataupun tas baru. Mereka juga kesulitan untuk sekadar makan sehari-hari.

Seorang siswa mengaku tidak jarang makan pisang rebus untuk menghilangkan laparnya.

Dengan segala keterbatasan, siswa tidak patah arang. Dorongan siswa untuk bersekolah sangat sederhana.

”Ya, supaya tidak dibodoh-bodohi orang,” ujar seorang siswa. Di desanya, sebagian besar, yaitu lebih dari 50 persen, remaja sebayanya putus sekolah.

Kemiskinan ditambah akses yang sulit telah memupus harapan banyak anak di Mentawai untuk menggapai masa depan lebih baik. Sebagian besar penduduk asli di kepulauan ini bermata pencarian sebagai petani nilam, kopra, dan kakao. (JON)


One response to “Konseling Trauma untuk Korban

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: