Rotary Sumbang 1.000 ShelterBox

Rotary Sumbang 1.000 ShelterBox
Rabu, 10 November 2010 | 17:59 WIB

dokumentasi Rinastiti

Pembagian Tas Untuk Merapi pada anak-anak pengungsi

JAKARTA, KOMPAS.com Rotary, salah satu organisasi kemanusiaan terbesar di dunia, tengah menggalang dana dari berbagai pihak untuk disalurkan ke daerah bencana di Indonesia. Bahkan, Rotary telah mendistribusikan bantuan ke tempat-tempat pengungsian di lokasi korban tsunami Mentawai dan korban letusan Gunung Merapi, Jawa Tengah.

“Tim kami bekerja siang dan malam dalam membagikan kebutuhan pokok, seperti makanan, minuman, air, obat-obatan, dan masker yang merupakan bantuan awal kepada para pengungsi di lokasi bencana,” ungkap Aloysius Purwa, anggota Rotary Club Bali Kuta sekaligus pemrakarsa bantuan, Rabu (10/11/2010) di Jakarta.

Aloysius mengatakan, bantuan internasional pertama yang mencapai korban gempa tsunami antara lain ShelterBox. Setiap ShelterBox dapat digunakan oleh keluarga besar beranggotakan 10 orang serta dilengkapi tenda dan peralatan penting untuk keperluan hidup sehari-hari selama korban masih dalam pengungsian.

Dia menambahkan, sejauh ini tim tanggap ShelterBox telah membagikan 400 ShelterBox dan masih akan terus bertambah. “Anggota Rotary sudah mulai mengumpulkan dana untuk menyerahkan bantuan lebih dari 1.000 ShelterBox,” tuturnya.

Anggota Rotary Club Bali Kuta mengatakan, pengalaman dan pengetahuan Rotary Club lokal sangat penting dalam memastikan bahwa sumber daya digunakan untuk proyek-proyek dan program-program yang membahas kebutuhan komunitas.

Selama ini, Rotary merupakan bagian integral dari masyarakat di lebih dari 200 negara dan wilayah geografis, termasuk di 89 klub dan 1.575 anggota di Indonesia. “Anggota Rotary Club dari Jakarta membantu pemerintah berkomunikasi dengan Tim Tanggap ShelterBox sehingga tim dapat memberi kotak tepat waktu dan efisien,” katanya.

Mengenai Rotary, Aloysius menambahkan bahwa klub ini merupakan organisasi dunia para pemimpin bisnis dan profesional yang memberikan layanan kemanusiaan dan membantu menggalang niat baik serta perdamaian di dunia. Jumlah anggota Rotary di seluruh dunia kini mencapai sekitar 1,2 juta pria dan wanita pada lebih dari 33.000 klub Rotary di lebih dari 200 negara dan wilayah geografis.

Penulis: Haryo Damardono   |


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: