Wow! Kecepatan Tsunami di Mentawai 800 Km/Jam

Rus Akbar – Okezone

azaxs.net
PADANG – Sebanyak sembilan ahli gempa dari Univesitas Tokyo dan Hokaido, Jepang, dibantu LIPI melakukan penelitian di Kepulauan Mentawai pasca-gelombang tsunami yang menewaskan ratusan orang.

Hasilnya cukup mengejutkan, tsunami yang terjadi di Kepulauan Mentawai memiliki kecepatan 800 kilometer per jam. Yang lebih menyeramkan, jeda waktu saat gempa bumi ke gelombang tsunami hanya berkisar tujuh menit.

“Kami sudah melakukan penelitian. Gelombang tsunami memiliki kecepatan 800 kilometer perjam, dan setelah sampai darat mencapai 40 kilometer per jam. Gelombang tsunami ini menghantam daratan hingga 250 meter,” ujar Peneliti LIPI, Eko Yulianto, kepada wartawan di Padang, Rabu (10/11/2010).

Menurutnya, early warning system tidak pantas untuk diterapkan di Kepulauan Mentawai. Sebab, alat tersebut baru mendeteksi tsunami setelah 15 menit bencana gempa. Sedangkan di Mentawai, jeda dari gempa ke tsunami hanya berjarak tujuh menit saja.

“Saya peringatkan kepada warga mentawai, jika terjadi gempa sebaiknya langsung lari ke bukit. Kalau menyempatkan diri melihat ombak, akan berpotensi tidak selamat,” tandasnya.

Karena itu, pihaknya akan membuat alat alarm yang akan berbunyi bila bergetar. “Jadi, saat gempa alat itu akan bunyi, dan manyarakat sebaiknya langsung menyelamatkan diri ke bukit,” pungkasnya.

(teb)

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: