Helikopter Pengangkut Logistik Mentawai Segera Ditarik

REPUBLIKA.CO.ID,MUKOMUKO–Tiga unit helikopter Palang Merah Indonesia yang dioperasikan hampir sepuluh hari di Bandara Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, untuk mengangkut bantuan logistik para korban tsunami di Mentawai, segera ditarik dan akan meninggalkan daerah itu pada Kamis (11/11). “Ke tiga unit helikopter yang masih beroperasi pada Rabu (10/11) ini merupakan hari terakhir untuk membawa logistik dari Bandara Mukomuko ke Mentawai karena besok Kamis (11/11) akan kembali ke markas PMI Pusat,” kata Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Padli di Kabupaten Mukomuko, Rabu.

Namun Posko PMI di Kabupaten Mukomuko tetap dibuka sampai 13 November 2010. Ia mengatakan jumlah relawan PMI yang masih bertahan di Kepulauan Mentawai sampai saat ini sebanyak 30 orang, dan mereka pulang nanti akan menggunakan kapal laut menuju Pelabuhan Teluk Bayur Padang. “Hari ini sudah banyak relawan yang pulang, kemungkinan besok beberapa relawan lainnya akan menyusul,” ujarnya.

Ia menerangkan, kondisi tanggap darurat di Mentawai untuk sementara ini akan diambil alih semuanya oleh PMI Sumatra Barat. “Berdasarkan koorinadi kami dengan PMI di Mentawai dan Sumatra Barat, tanggap darurat di Mentawai semuanya diambil alih oleh PMI Sumbar,” ujarnya.

PMI mengoperasikan tiga unit helikopter di wilayah Bengkulu ini sejak 30 Oktober-10 November 2010, karena jarak tempuh lebih dekat ke Mentawai atau lebih kurang setengah jam dibanding dari Padang, Sumatra mencapai satu jam lebih.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: