Menkominfo: Telekomunikasi di Mentawai Sudah Pulih

Jakarta – Setelah dihantam gempa dan tsunami, layanan telekomunikasi di Mentawai dinyatakan sudah pulih. Menkominfo Tifatul Sembiring sendiri yang langsung mengecek status layanan komunikasi di wilayah bencana tersebut.

Tifatul berkunjung ke Mentawai pada 8 November 2010 kemarin, bersama rombongan pejabat penyelenggara telekomunikasi dan juga penyelenggara televisi. Turut serta dalam rombongan tersebut adalah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

“Alhamdulillah, sistem komunikasi sudah berjalan baik. Kalau ada yang bertanya mengapa hanya PT Telkom dan PT Telkomsel saja yang bisa melakukannya, ya memang sejak semula yang pasang BTS di di Mentawai adalah mereka berdua,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang dikutip detikINET, Selasa (9/11/2010).

Tifatul menjelaskan, adapun untuk wilayah-wilayah blank spot layanan seluler dan FWA, sejak tanggal 1 November 2010 Kominfo sudah mengirimkan 37 telepon satelit, yang merupakan sumbangan dari ITU (International Telecommunication Union) dan juga telah menambah jaringan telepon USO (Universal Service Obligation/telepon pedesaan) di 47 titik lokasi di seluruh Kepulauan Mentawai.

Beberapa saat sebelum berangkat ke Mentawai, Kominfo di ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau – Padang pun sempat mengadakan acara penggalangan dana di hadapan beberapa pejabat penyelenggara telekomunikasi dan televisi. Dalam acara tersebut telah terkumpul dana sebanyak Rp 2 miliar.

Penyelenggara telekomunikasi dan televisi yang turut berkontribusi dalam aksi sosial tersebut adalah: PT Telkom, PT Telkomsel, PT Indosat, PT XL Axiata, PT Bakrie Telecom, SCTV dan Indovision.

Rombongan yang membawa Menteri Kominfo dan beberapa pejabat tersebut dalam perjalanan udara dengan helikopter dari Padang pada awalnya mendarat di desa Munai, Kecamatan Pagai Selatan. Mereka disambut penduduk dan anak-anak yang berkerumun.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Kominfo sempat menyaksikan adanya sejumlah bangunan yang rata dengan tanah. Tampak juga terlihat kasur, bekas tempat tidur dan alat-alat rumah tangga tampak berserakan dimana-mana. Selanjutnya rombongan Menteri Kominfo dan Gubernur Sumatera Barat meneruskan perjalanan masuk ke pedalaman desa Munai, hingga sejauh lebih kurang 3 km, dimana terdapat sejumlah tenda pengungsi.

Setelah mendapatkan keterangan dari Kepala Desa Munai, rombongan melanjutkan perjalanan ke Sikakap, ibukota Kabupaten Mentawai. Tifatul dan rombongan juga mengunjungi sejumlah posko pengungsian lainnya.
( ash / rns )

http://www.detiknet.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: