Pemerintah Masih Hitung Kerugian Bencana Mentawai

TEMPO InteraktifPadang – Pemerintah Kepulauan Mentawai masih menghitung kerugian yang ditimbulkan akibat tsunami di Mentawai yang terjadii 25 Oktober lalu. Sedangkan korban tewas mencapai 448, korban hilang 56 orang dan yang mengungsi berjumlah 7355 orang.
Bupati Mentawai Edison Saleleubaja mengatakan, pemerintah saat ini sedang melakukan verifikasi data korban serta kerugian yang ditimbulkan akibat tsunami di tiga pulau di Mentawai, Pulau Pagai Utara, Pagai Selatan dan Pulau Sipora Selatan.

“Dalam masa tanggap darurat ini kami sedang verifikasi data korban dan jumlah keluarga, sehingga setelah tanggap darurat berakhir pada 22 November mendatang korban yang kini di pengungsian bisa mendapat uang lauk pauk dan yang meninggal mendapat santunan,” kata Edison Saleleubaja yang kini berada di Sikakap, Pagai Utara dan dihubungi melalui telepon, Kamis (11/11).

Ia mengatakan, korban tsunami yang kini mengungsi usai tanggap darurat akan mendapat uang lauk pauk Rp 6.000 per orang, dengan jumlah anggota keluarga maksimal 5 orang, sedangkan uang santunan bagi korban meninggal senilai Rp 4 Juta. Uang lauk pauk ini dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana sedangkan santunan korban tewas dari Departemen Sosial.

“Untuk saat ini pengungsi mendapatkan bantuan logistik dari Posko bantuan korban tsunami di Sikakap,” kata Edison.

 

Menurut dia, saat ini penyaluran bantuan logistik sudah lancar karena cuaca mulai bersahabat. Saat ini bantuan untuk korban tsunami sudah bisa disalurkan melalui jalur laut, dan tidak ada lagi yang menggunakan helicopter. “Sementara bantuan makanan dan logistic untuk korban tsunami di Mentawai masih cukup,” katanya.

FEBRIANTI

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: