Bencana Wasior dan Mentawai Tidak Pengaruhi Inflasi

MINGGU, 14 NOVEMBER 2010

Alat berat mencari korban banjir bandang di sebuah bangunan DPRD yang hancur di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. TEMPO/Tony Hartawan

 

TEMPO InteraktifJakarta -Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan bencana yang terjadi di wilayah-wilayah tertentu juga dapat menjadi penyebab naiknya inflasi. “Bencana itu bisa berpengaruh, bisa juga tidak berpengaruh terhadap inflasi,” kata dia.

Menurutnya, jika bencana terjadi di wilayah-wilayah sentra produksi, maka akan menyebabkan produksi barang terganggu.  Terganggunya produksi akan menyebabkan harga barang otomatis menjadi naik dan mempengaruhi tingkat inflasi.

“Kalau Mentawai dan Wasior, keduanya bukan tempat produksi. Jadi menurut saya hampir tidak ada pengaruhnya terhadap inflasi saat ini,” ucap Djamal.

Menurut Direktur Statistik Harga BPS Sasmito Wibowo, kesiapan infrastruktur di wilayah bencana juga cenderung membuat inflasi tidak banyak terpengaruh. “Contohnya, setelah tsunami di Aceh, harga di seluruh pulau Sumatera selama setahun tidak stabil,” kata Sasmito.

Ketika terjadi bencana di pantai selatan Jawa, hanya wilayah sekitar Solo dan Purwokerto yang terkena dampak. Sasmito memperkirakan, infrastruktur yang bagus di wilayah Jawa menjadi penyebab dampak bencana dapat segera terkendali dan tidak banyak mempengaruhi inflasi.

EVANA DEWI

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: