140 Anggota Kostrad Tinggalkan Mentawai

PADANG – Sebanyak 140 anggota TNI dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), hari ini meninggalkan lokasi bencana di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Staf Korem 032 Wirabraja Letkol CZI Novi Heriyanto mengatakan, 140 personel Kostrad tersebut dipulangkan karena tugas kemanusiaannya sudah selesai. Selama di Mentawai, para prajurit tersebut telah banyak membantu warga.

“Setelah dilakukan pengkajian, ternyata untuk menangani kesehatan para pengungsi sudah bisa ditangani pemerintah setempat. Jadi personel Kostrad dipulangkan ke Jakarta,” ujar Novi kepada wartawan, Senin (15/11/2010).

Para prajurit Kostrad tersebut, lanjut dia, dipulangkan dengan KRI Gilimanuk dari Padang ke Jakarta. “Namun, sejumlah personel Kostrad lainnya masih ada di Padang untuk membantu tim medis,” tandasnya.

Namun demikian, sebanyak empat kapal hingga kini masih berada di Mentawai untuk mengangkut kebutuhan logistik para pengungsi dari Padang ke Mentawai. Keempat kapal tersebut adalah KRI Teluk Cirebon, KRI Teluk Hading, KRI Kawaitan, dan KRI Teluk Manado.

Hingga kini, korban tewas akibat gempa bumi disertai gelombang tsunami di Mentawai sebanyak 461 orang. Sementara itu, sekira 40 orang lainnya masih dinyatakan hilang dan dalam tahap pencarian.
(teb)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: