5 Dusun di Saumanganya Disapu Tsunami

TUAPEIJAT–Belum lagi hilang dari ingatan kejadian gempa bumi yang meluluh lantakkan perumahan penduduk Mentawai tahun 2007 serta bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi bencana alam juga belum seluruhnya dinikmati oleh warga, telah terjadi lagi gempa bumi yang juga disertai dengan tsunami.

Lima dusun yang ada di Desa Saumanganya di ujung Pulau Pagai Utara telah disapu oleh tsunami. Walau tidak ada korban jiwa, namun perumahan penduduk hancur dan disapu oleh tsunami.

Saat gempa terjadi, sesuai penuturan Resi dan Nita warga Dusun Pasapuat, warga pun berhamburan keluar rumah, sekitar20 menit kemudian mereka mendengar deru ombak seperti angin yang sangat kencang. Sontak warga berteriak sahut menyahut dengan mengatakan “lari”.

Warga pun berlarian ke tempat tinggi menjauhi pantai. Rumah dibiarkan terbuka dan tidak ada satu warga pun yang sempat membawa pakaian dan makanan.

Malam itu warga Pasapuat bermalam di perladangan di belakang perkampungan tanpa selimut dan tanpa tenda. Mereka menginap di pondok perladangan warga apa adanya.

Beberapa orang laki-laki warga Pasapuat, memberanikan diri turun ke perkampungan untuk mengambil perlengkapan, namun mereka melihat rumah mereka telah dirusak oleh gelombang tsunami. Hanya rumah yang di bagian atas lapangan bola yang bisa berdiri agak kokoh walau telah juga terndam oleh tsunami.

Sesuai penuturan Resi salah seorang Guru di SD 11 Saumanganya yang datang ke Tuapeijat hari Selasa (26/10), ketinggian gelombang mencapai 3 meter dan masuk ke perkampungan sejauh 200 meter dari bibir pantai.  rpt

http://www.puailiggoubat.com

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: