Gempa Pagai Tunda Gempa Siberut

PADANG – Gempa yang terjadi di wilayah Pagai Utara dan Pagai Selatan ternyata juga mempengaruhi patahan yang ada di blok Pulau Siberut. Hal itu dikatakan Ketua Himpunan Ahli Geofisika Indonesia Komisariat Wilayah Sumatera Barat Dr Badrul Mustafa, Minggu (14/11)

“Ada ahli mengatakan gempa yang ada terjadi di Pagai Utara dan Selatan itu bisa mempengaruhi patahan yang ada di blok Siberut. Ada juga yang mengatakan bahwa itu akan mengurangi energi di Pulau Siberut. Tapi itu akan memperlama terjadinya gempa besar di Siberut bukan jangka yang pendek,” jelas Badrul.

Ini disebabkan tekanan dua lempeng Indo Australia dan Eurasia sudah berkurang akibat gempa yang terjadi pada 25 Oktober lalu dengan kekuatan 7,2 Skala Richter.

“Energi yang ada di Pagai Utara mengurangi tekanan atau memperlonggar tekanan lempeng yang ada di blok, sehingga ini akan memperlama terjadinya gempa,” terangnya.

Selain itu, gempa yang terjadi pada 12-13 September 2007 itu terjadi pada satu blok dengan gempa yang terjadi pada 25 Oktober 2010.

“Jadi dengan adanya gempa itu bisa mengurangi tekanan patahan yang ada di Siberut, tapi belum tentu mengurangi energinya,” sebutnya. rpt

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: