Izin HPH di Mentawai Bisa Dicabut

Tsunami
Izin HPH di Mentawai Bisa Dicabut
Laporan wartawan KOMPAS Ingki Rinaldi
Sabtu, 13 November 2010 | 20:40 WIB
AP Photo/Achmad Ibrahim

Tsunami meratakan segala yang tegak di sebagian Pulai Pagai, Sumatera Barat, kecuali surau kecil di kawasan tepi pantai ini.

PADANG PARIAMAN, KOMPAS.com – Izin yang dimiliki pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH) yang masih beroperasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai bisa dicabut bila berdasarkan evaluasi ternyata ada aturan yang dilanggar.

Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhamad Hatta, Sabtu (13/11/2010) di ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menyebutkan hal itu usai melakukan kunjungan kerja dan pemantauan udara di wilayah terdampak bencana tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Saya bukan Menteri Kehutanan, tapi rekomendasinya adalah melakukan evaluasi, seperti apa kesalahannya, nanti yang menentukan itu Menteri Kehutanan,” kata Gusti.

Hal itu menyusul rencana relokasi yang akan dilakukan bagi para korban bencana tsunami di sejumlah titik yang diperkirakan bakal berada dalam kawasan HPH.

Gusti menyebutkan, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sesuai amanat Undang-Undang Nomor 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup juga harus segera dilakukan di Kepulauan Mentawai yang mencakup keseluruhan pulau yang terutama untuk menentukan apakah perusahaan HPH masih layak beroperasi atau tidak.

Penasehat Yayasan Citra Mandiri Mentawai, Rachmadi pada hari yang sama mengatakan selama puluhan tahun operasi PT Minas Pagai Lumber bisa dikatakan tidak ada kontribusi bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Bahkan satu pekan setelah bencana tsunami terjadi pada Senin (25/10) lalu, jalan darat yang dimiliki perusahaan HPH tersebut tidak kunjung diberitahukan pada relawan yang tengah berjuang mendistribusikan bantuan melalui ganasnya jalur laut.

Editor: A. Wisnubrata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: