Santunan Bencana Idealnya Rp 10 Juta

Komisi VIII DPR
Santunan Bencana Idealnya Rp 10 Juta
Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Senin, 15 November 2010 | 16:00 WIB

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Warga korban letusan Gunung Merapi mengevakuasi hewan ternak di Dusun Geblok, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (6/11/2010). Letusan Gunung Merapi yang terjadi kembali Jumat (5/11/2010) mengakibatkan sedikitnya 69 orang tewas, 66 orang luka-luka terkena semburan awan panas, dan 30.000 warga mengungsi.

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Komisi VIII DPR Abdul Kadir Karding menilai uang santunan sebesar Rp 4 juta yang diberikan pemerintah kepada para korban bencana Wasior, Mentawai, dan Merapi terlalu kecil. Untuk mengganti hewan ternak warga yang habis diterjang banjir, badai tsunami atau wedhus gembel saja tidak akan cukup.

“Terlalu kecillah, apalagi dibandingkan sapi dan barang lain. Ya enggak layak. Santunan kan itu untuk anggota keluarga dan bangun rumah,” tuturnya kepada Kompas.com, Senin (15/11/2010).

Idealnya, lanjut Karding, setiap keluarga diberikan uang santunan sebesar Rp 10 juta-Rp 15 juta. Uang ini cukup untuk membantu keluarga korban bencana dalam memenuhi kebutuhan hidup pascabencana, pengembangan ekonominya, serta perbaikan rumah.

Namun, lanjutnya, sulit untuk mewujudkan uang santunan sebesar itu untuk para korban bencana Mentawai dan Merapi karena pemerintah sudah menganggarkannya.

Selain itu, dana santunan untuk korban bencana Wasior, Papua, sudah diturunkan. Jika diturunkan dana dalam jumlah berbeda untuk Mentawai dan Merapi, Karding khawatir akan terjadi kecemburuan.

“Perlakuan yang selanjutnya yang perlu kita perhatikan. Nanti perlu dibuat standar baru,” ujarnya.

Editor: Hertanto Soebijoto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: