Tak Mudah Bangun Infrastruktur Pasca Gempa

Minggu, 14/11/2010 16:59 WIB

Tak Mudah Bangun Infrastruktur Pasca Gempa
Achmad Rouzni Noor II – detikinet


 

Jakarta – Gempa tsunami di kepulauan Mentawai telah meluluhlantakkan infrastruktur komunikasi. Selama berhari-hari komunikasi jarak jauh sulit terjalin akibat lumpuhnya infrastruktur tersebut.

Sebagai bagian dari aksi tanggap darurat untuk menghubungkan lokasi bencana dengan dunia luar, Indosat Mega Media (IM2) bersama dengan Yayasan Air Putih mengirimkan perangkat dan tim sejak tanggal 27 Oktober 2010 lalu.

“Namun karena kendala cuaca dan sarana transportasi yang terbatas menyebabkan perangkat baru dapat sampai di lokasi bencana pada tanggal 5 November,” sesal Indar Atmanto, Presiden Direktur IM2, dalam keterangannya, Minggu (14/11/2010).

Infrastruktur komunikasi darurat mulai berfungsi pada tanggal 7 November dengan memanfaatkan perangkat VSAT C-Band berkapasitas 1 Mbps dari IM2 yang ditempatkan di Masjid Al Furqan, Desa Sikakap, Kecamatan Pagai Utara, Mentawai–yang juga merupakan posko bersama untuk para relawan.

Fasilitas akses internet ini dapat dipergunakan secara gratis dan kapan saja oleh semua pihak yang membutuhkan seperti relawan, media, pemerintah, juga masyarakat setempat.

IM2 juga membangun infrastruktur komunikasi darurat di wilayah Gunung Merapi sehubungan dengan erupsi Gunung Merapi yang hingga saat ini masih berlangsung. IM2 bersama dengan induk perusahaan, Indosat, mendirikan Posko Indosat yang ditempatkan di lokasi pengungsian, Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Posko Indosat yang dibangun 28 Oktober 2010 tersebut memberikan layanan internet dan telepon gratis. Layanan internet gratis disediakan melalui sambungan IM2 VSAT Ku-Band, 1 Mbps.

Selain layanan internet dan telepon gratis, Posko Indosat juga menyediakan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar selama pengungsian. Para pengungsi erupsi Gunung Merapi umumnya mengeluh sakit di bagian saluran pernapasan dan mata.

Banyak pengungsi juga mengalami kelelahan serta terlambat makan dan kurang tidur sehingga staminanya menurun. Posko Indosat menyediakan beberapa jenis obat-obatan yang diperlukan oleh para pengungsi.

Selain akses komunikasi dan layanan kesehatan, masyarakat yang menjadi korban bencana di Mentawai maupun kawasan Gunung Merapi membutuhkan bantuan lain berupa sembako dan pakaian.

“Karena itu, sebagai wujud kepedulian, IM2 juga membantu para korban bencana dengan menyalurkan dana kemanusiaan melalui Lembaga ACT (Aksi Cepat Tanggap),” papar Indar.

“Bantuan dana kemanusiaan tersebut terkumpul dari dana program CSR IM2 dan hasil pengumpulan sumbangan sukarela segenap karyawan IM2. Semoga kontribusi kami yang sedikit ini bisa membantu meringankan beban para korban,” harap Indar.

Gunung Merapi mulai kembali memperlihatkan aktifitas pada tanggal 25 Oktober dengan mengeluarkan awan panas yang biasa disebut masyarakat sekitar dengan sebutan ‘Wedhus Gembel’.

Hingga kini Gunung Merapi belum memperlihatkan tanda-tanda selesai. Awan panas disertai letusan terus terjadi mengakibatkan gelombang pengungsian. Jarak aman pengungsian pun diperpanjang dari semula 10 km menjadi 20 km.

Selang sehari kemudian, kepulauan Mentawai dilanda gempa yang berlanjut dengan tsunami. Gelombang air tsunami menghancurkan infrastruktur yang ada disana. Letak Mentawai yang tepencil mengakibatkan sulitnya penyaluran bantuan.

Kabar terkini, pemerintah memperpanjang tanggap darurat di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat yang semula berakhir pada 8 November 2010 diperpanjang hingga dua minggu ke depan. Perpanjangan masa tanggap darurat itu dikarenakan faktor cuaca dan sulitnya akses menuju lokasi bencana.

( rou / fw )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: