Tim Dinkes Sumbar akan Periksa Darah Pengungsi

Tim Dinkes Sumbar akan Periksa Darah Pengungsi

AP Photo
Tsunami meratakan segala yang tegak di sebagian Pulai Pagai, Sumatera Barat, kecuali surau kecil di kawasan tepi pantai ini.
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Harismanto

TRIBUNNEWS.COM, PADANG — Besok, tim Dinas Kesehatan (Diskes) Sumatera Barat (Sumbar) akan memeriksa darah para pengungsi untuk mengatasi tersebarnya penyakit malaria. Tim ini sudah berada di Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak beberapa hari yang lalu untuk mengantisipasi penyakit pasca bencana.

“Saat ini di pengungsian, telah menyebar penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) serta malaria. Malah di beberapa daerah pengungsian di Mentawai, termasuk endemis malaria dengan tingkat penyebaran yang merata,” kata Kepala Diskes Sumbar, Rosnini Savitri, Jumat (12/11/2010).

Selain itu, katanya, Diskes Sumbar telah mengirim tim Trauma Healing pada masa tanggap darurat hingga 23 November 2010. Mereka ditempatkan di setiap lokasi pengungsian korban tsunami.

“Tim ini kita turunkan untuk membantu mengembalikan psikologi para pengungsi, terutama anak- anak,” ungkap Rosnini.

Trauma healing itu, katanya, dilakukan bersama beberapa NGO dari dalam maupun luar negeri, seperti SURF AID dari US, ACT serta UNICEF. Selain itu juga disediakan obat-obatan untuk para korban yang merupakan bantuan Global Fund.

Hingga hari ini, Rumah Sakit M Jamil Padang masih merawat 14 orang korban gempa dan tsunami. Dua di antaranya masih dirawat intensif, yakni Jarmius (70), warga Bele Rasok, Pagai Selatan dan Pornita (36), warga Desa Sabehu Gungga.

Kepala Instalasi Humas dan Pengaduan Masyarakat RS M Djamil Padang, Gustafianof mengatakan, pasien yang masih dirawat terdapat di ruangan ICU, Trauma Centre, Ruang Syaraf, IP Pre OP IGD dan di bagian Cipoes serta ruang rawat inap.

Lima orang korban yang dirawat di ruang Trauma Centre yaitu, Alexius (13), Marlina (48), Emi (75), Mahipal (40) serta Seltina (44 th). Selain itu ada juga seorang bayi berusia lima hari yang dirawat di bagian Copies.

Penulis: Harismanto
Editor: Tjatur

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: