Wapres: Mentawai Sudah Tahap Akhir Tanggap Darurat

Minggu, 14/11/2010 22:19 WIB
Wapres: Mentawai Sudah Tahap Akhir Tanggap Darurat
Irwan Nugroho – detikNews

Tokyo – Di sela-sela pertemuan dengan para WNI di Jepang, Wakil Presiden Boediono juga melaporkan penanganan bencana yang terjadi di tanah air. Khusus mengenai bencana gempa bumi dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) Wapres mengatakan, tanggap darurat di lokasi tersebut sudah memasuki tahap akhir.

“Di Mentawai sudah memasuki tahap akhir gawat daruratnya,” kata Wapres di hadapan 200-an WNI yang menghadiri acara silaturahim tersebut di KBRI Jepang, Tokyo, Minggu (14/11/2010), pukul 19.00 waktu setempat.

Saat berkunjung ke KBRI, Wapres didampingi oleh Ibu Herawati Boediono. Sejumlah menteri yang menemaninya mengikuti KTT APEC di Yokohama sebelumnya juga ikut, antara lain Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, dan Menteri Keuangan Agus Martowardjojo, serta Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Menurut Wapres, saat tanggap darurat hampir dicabut, pemerintah sedang menyiapkan blueprint untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Mentawai. Blue print itu akan memberikan tingkat keselamatan yang lebih baik bagi masyarakat Mentawai.

“Jadi tidak sekadar membangun kembali,” ujarnya.

Menyinggung penanganan banjir di Kota Wasior, Papua Barat, Boediono mengatakan, cetak biru rehabilitasi dan rekonsiliasi wilayah tersebut juga sedang diselesaikan. Prinsipnya, Wasior akan dibangun dengan tata ruang yang benar.

“Daerah yang tidak aman harus dikosongkan. Barangkali akan ada semacam pemindahan-pemindahan (rumah penduduk),” ucap Wapres.

Terhadap bencana secara keseluruhan, termasuk letusan Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah, Wapres berharap tidak akan terjadi lagi. Namun, manusia tidak akan tahu datangnya sebuah bencana, karena hal itu adalah kehendak yang maha kuasa.

“Namun, saya kira bisa menghadapinya. Nenek moyang kita bisa bertahan ribuan tahun. Kita pun harus bisa survive ribuan tahun ke depan,” tutup mantan Gubernur BI ini.

Boediono berkunjung ke Jepang dalam rangka menghadiri penutupan KTT APEC ke-21 yang dihelat di Yokohama. Ia menggantikan keikutsertaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang harus kembali lebih cepat karena memantau penanganan bencana di tanah air. Wapres bersama Ibu Herawati dan rombongan mendarat di Bandara Narita, 60 Km dari Yokohama, pada pukul 09.16 waktu setempat.

Ia dijadwalkan berada di Jepang hingga Rabu 17 November mendatang. Boediono ingin melihat sistem transportasi di Jepang yang sudah maju. Selain itu, ia ingin mengetahui manajemen bencana yang sudah teruji dengan baik di negeri sakura tersebut. Wapres akan tiba di Jakarta pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB.

(irw/rdf)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: