Asing Bantu US$7,5 Juta untuk Bencana di RI

Asing Bantu US$7,5 Juta untuk Bencana di RI
Dana itu rencananya akan difokuskan pada rehabilitasi dan rekonstruksi bencana alam.
Senin, 15 November 2010, 11:45 WIB

Ismoko Widjaya

Satu rumah berdiri tegak di antara puing-puing banjir di Wasior, Papua Barat (Antara/ Jhuda)

VIVAnews – Pemerintah Amerika Serikat dan Australia sudah berkomitmen untuk mengucurkan dana bantuan pascabencana alam di Indonesia. Dana itu rencananya akan difokuskan pada rehabilitasi dan rekonstruksi bencana alam di Tanah Air.

“Jumlah yang tercatat sekitar US$7,5 juta,” kata Menteri Koordinator Kesra Agung Laksono dalam keterangan resmi yang diterima VIVAnews.com, Senin 15 November 2010. Angka ini sekitar Rp70-an miliar.

Selain Amerika dan Australia, disebutkan pula ada beberapa negara lain yang berkomitmen memberikan bantuan. Saat ini Agung dan tiga menteri lainnya sedang berada di lokasi bencana Wasior, Papua Barat.

Agung juga mengingatkan agar hasil rekonstruksi dan rehabilitasi permukiman para korban Wasior bukan hanya lebih aman, tetapi juga harus lebih baik dari sebelumnya. Pemerintah akan membantu sesuai kemampuan.

Pemerintah pusat sedang menyusun grand design untuk rehabilitasi dan rekonstruksi daerah bencana Wasior. Untuk itu pemerintah daerah diminta segera menetapkan lokasi yang pasti agar jangan sampai mengalami musibah untuk kedua kali. Kementerian Pekerjaan Umum sudah mengadakan penelitian lokasi-lokasi yang dimungkinkan memenuhi syarat untuk pembangunan kembali Wasior.

Menurut penjelasan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sampai saat ini jumlah korban tewas bencana alam Wasior tercatat 173 tewas dan 118 hilang. Sedangkan jumlah pengungsi mencapai 5.158 jiwa. Lokasi hunian sementara yang sudah diselesaikan 15 unit dari rencana 93 unit.

Saat ini, korban tewas akibat letusan Merapi mencapai 259 orang. Untuk korban tewas gempa dan tsunami di Mentawai, Sumatera Barat, mencapai 454 orang. (umi)

• VIVAnews


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: