Aneh! Gubernur Sumbar Sebut Mentawai dalam Masa Transisi

Selasa, 23 November 2010

Aneh! Gubernur Sumbar Sebut Mentawai dalam Masa Transisi
  • Laporan Wartawan Tribunnews.com, Harismanto


TRIBUNNEWS.COM, PADANG –
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, belum bisa memastikan kapan masa rehabilitasi dan rekonstruksi Kabupaten Kepulauan Mentawai pasca gempa dan tsunami 25 Oktober 2010, dimulai. Malah, ia menyebut saat ini masa transisi sebelum masa rehabilitasi dan rekonstruksi.

Padahal, hari ini, masa perpanjangan tanggap darurat pasca gempa dan tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai telah selesai. Masa tanggap darurat yang berakhir pada Senin (8/11/2010), telah diperpanjang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) hingga Selasa (23/11/2010).

“Penanganan bencana selanjutnya memasuki masa transisi sebelum menuju rehabilitasi dan rekonstruksi,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Di masa transisi ini, katanya, pemprov Sumbar akan fokus pada pembangunan sebanyak 1.062 hunian sementara (Huntara) dan pemindahan pengungsi dari tenda-tenda darurat ke Huntara, di lokasi yang telah disiapkan pemerintah. ” Kita menargetkan semua Huntara selesai sebelum Natal. Lokasi baru itu, insya Allah aman dari sapuan,” kata Irwan.

Pernyataan gubernur ini terkesan aneh karena dalam UU No 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, tidak ada dikenal istilah masa transisi. Dalam Pasal 1, hanya ada kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, dan rehabilitasi.

Bahkan dalam Pasal 33, disebutkan penyelenggaraan penanggulangan bencana terdiri atas prabencana, saat tanggap darurat dan pascabencana. Pasal 57, memperjelas lagi bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana pada tahap pascabencana, meliputi rehabilitasi dan rekonstruksi. (*)

Penulis: Harismanto
Editor: Tjatur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: