Masa Tanggap Darurat di Mentawai Berakhir

Selasa, 23/11/2010 07:32 WIB
Masa Tanggap Darurat di Mentawai Berakhir
Fajar Pratama – detikNews


Jakarta – Situasi di Mentawai dinilai sudah cenderung kondusif. Oleh karena itu, status tanggap darurat di Mentawai diakhiri mulai hari ini. Untuk seterusnya, penanganan rehabilitasi akan diserahkan kepada Pemkab Mentawai dengan pengawasan dari Pemprov Sumatera Barat.

Hal tersebut merupakan keputusan dari rapat yang digelar di Rumah Dinas Gubernur Sumbar pada Senin (22/11/2010) malam. Rapat tersebut dhadiri oleh Gubernur Irwan Prayitno Muslim Kasim, jajaran Muspida, BPBP Sumbar dan Bupati Mentawai Edison Saleuleubaja.

“Ya betul itu (tanggap darurat diakhiri) merupakan keputusan rapat semalam. Itu diberlakukan mulai hari ini,” ujar Kepala BPBP Sumbar Harmensyah kepada detikcom, Selasa (23/11/2010) pagi.

Untuk seterusnya, Harmensyah melanjutkan, program rehabilitasi akan ditangani langsung oleh Pemkab Mentawai. Namun menurut Harmensyah Pemprov dan BPBD tidak akan lepas tangan begitu saja.

“Monitoring akan tetap dilakukan. Jika Pemkab dirasa kesulitan untuk penanganan aspek tertentu, maka kita akan bantu,” papar Harmensyah.

Dengan berakahirnya tanggap darurat ini, selain wewenang penanganan diserahkan sepenuhnya ke Pemkab Mentawai, bantuan yang selama ini berada di Pemprov juga otomatis akan diserahkan kepada pemerintah di Kabupaten. Program pembangunan rumah hunian sementara sendiri saat ini sedang akan berjalan.

“Proses pembangunan rumah hunian sementara sedang dilakukan,” papar Harmensyah.

Keputusan berakhirnya tanggap darurat di Mentawai ini tidak mengejutkan, mengingat Wapres Boedinono sebelumnya telah mengatakan bahwa proses tanggap darurat di Mentawai telah memasuki tahap akhir tanggap darurat, setelah ia mendapat laporan dari pihak-pihak terkait.

Menurut Wapres, saat tanggap darurat hampir dicabut, pemerintah sedang menyiapkan blueprint untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Mentawai. Blue print itu akan memberikan tingkat keselamatan yang lebih baik bagi masyarakat Mentawai.

(fjr/mad)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: