Pemerintah Bangun Ribuan Rumah Baru untuk Korban Tsunami di Mentawai

Jumat, 19/11/2010 16:29 WIB
Pemerintah Bangun Ribuan Rumah Baru untuk Korban Tsunami di Mentawai
Gunawan Mashar – detikNews


Jakarta – Penanganan bencana gempa dan tsunami di Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) telah memasuki masa rehabilitasi dan rekonstruksi. Pemerintah mulai membangun ribuan rumah untuk warga korban bencana.

“Di Mentawai relatif lebih mudah membangun rumah-rumah, ada ribuan unit yang mulai dibangun,” ujar Juru Bicara Wapres Boediono, Yopie Hidayat usai rapat penanggulangan bencana di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jumat (19/11/2010).

Rumah yang dibangun antara lain, 1.000 unit di Kecamatan Pagai Utara, 516 unit di Kecamatan Pagai Selatan, dan 200 unit di Kecamatan Sipora Selatan. Di kecamatan Pagai Utara, ada 3 lokasi yang  menjadi titik relokasi, sedangkan kecamatan Pagai Selatan ada 2 titik.

“Rumah ini akan dibangun segera dan ditargetkan sebagian bisa selesai sebelum Natal,” kata Yopie.

Yopie mengatakan, konsep rehabilitasi dan rekonstruksi di Mentawai akan selesai dibuat pemerintah pada 8 Desember 2010. Namun pemerintah akan mulai bekerja sebelum tanggal 8 Desember.

Sementara itu, pemerintah juga akan melakukan relokasi di Wasior, Papua Barat  pasca banjir bandang. Ada 2 daerah yang akan menjadi tempat relokasi yakni Naikere dan Kasiei. Diharapkan, relokasi tuntas pada 1 Desember 2010.

Penangananan lanjutan daerah-daerah yang tertimpa bencana akan kembali dibahas oleh pemerintah pada rapat penanggulangan bencana berikutnya. Sejauh ini, rapat penanggulangan bencana pasca masa tanggap darurat telah 2 kali digelar di Kantor Wapres, yang dipimpin langsung Wapres  Boediono.

(gun/aan)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: